auto ads Oleh oleh khas saat anda berwisata di kota semarang | Informasi seputar kota Semarang

Jumat, 21 Agustus 2015

Oleh oleh khas saat anda berwisata di kota semarang

Infoseputarsemarangonline - Semarang sebagai kota pesisir di jawa tengah memiliki banyak ragam adat dan budaya di kalangan masyarakatnya, karena letak geografisnya yang memiliki garis pantai yang panjang menjadikan semarang sebagai kota perdagangan pada masa dahulu. Tak heran jika saat ini bahkan sampai urusan makanan atau kuliner semarang banyak dipengaruhi oleh percampuran adat budaya masyarakatnya, berikut ini kami sajikan berbagai makanan lezat yang menjadi oleh - oleh khas saat anda berkunjung di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

1. Loenpia 
Makanan khas yang satu ini sudah lama dikenal menjadi oleh oleh wajib tiap orang yang berkunjung ke kota semarang, bahkan saking topnya makanan yang bahan dasarnya dari tunas bambu muda atau rebung ini sampai menjadi julukan tidak resmi kota semarang, orang orang biasa menyebut semarang dengan sebutan kota loenpia atau karena kebiasaan masyarakat semarang yang sering selengekan dengan istilah dan bahasa, maka mereka sering menyebut kota lumpia. Lumpia yang paling terkenal di semarang dan sudah menjadi legenda adalah lumpia gang lombok, lokasinya berada di daerah belakang pasar johar semarang.

loenpia-gang-lombok kuliner oleh oleh khas kota semarang

2. Wingko Babat
Makanan yang bahan dasarnya terbuat dari parutan kelapa, tepung beras ketan dan gula ini sebenarnya adalah bukan kuliner asli dari semarang, seperti namanya wingko babat sebenarnya berasal dari daerah Babat, Lamongan jawa timur. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena akulturasi budaya akhirnya wingko babat ini secara tidak langsung menjadi makanan dan oleh oleh khas dari kota semarang sama terkenalnya dengan loenpia asli semarang. 

wingko babad cap kereta api kuliner khas semarang

Di semarang sendiri sebenarnya banyak terdapat penjual wingko babat disepanjang jalan pandanaran atau yang terkenal sebagai sentra oleh oleh kota semarang. Namun yang menjadi legend dan paling terkenal di semarang adalah "Wingko Babat Cap Kereta Api", untuk mendapatkannya bisa dibilang gampang gampang susah karena toko yang asli menjajakannya hanya buka dari pagi sekitar jam 9 sampai sekitar jam 5 sore. Lokasi tokonya berada di daerah JL. Cendrawasih no.14 bubakan semarang, sederetan dengan dealer motor honda cendrawasih semarang atau jalanan ke arah kota tua semarang di belakang kantor satlantas semarang.

lokasi toko wingko babat cap kereta api bubakan semarang

3. Bandeng Presto
Ya oleh oleh khas satu ini juga wajib anda bawa setelah berkunjung ke kota atlas semarang, bandeng presto atau yang lebih terkenal dengan nama bandeng presto duri lunak juwana. Sesuai dengan namanya kebanyakan ikan bandeng yang dijadikan presto ini di datangkan dari daerah juwana pati, salah satu daerah pesisir di utara provinsi jawa tengah.

toko bandeng presto oleh oleh khas di pandanaran kota semarang

Dari cerita yang saya dengar dari orang tua dahulu, sebenarnya oleh oleh ini dibuat karena didaerah juwana sana yang notabene daerah tepi pantai memiliki banyak tambak - tambak bandeng dan pemerintah kota yang berkuasa pada saat itu memiliki ide untuk memaksimalkan potensi petani bandeng di daerah juwana dengan cara menjadikannya oleh oleh khas kota semarang sehingga terkenal sampai saat ini. Untuk bandeng presto yang menjadi legend dan pertama kali berdiri adalah bandeng cap "Presto duri lunak", tokonya berada di ujung pertama saat masuk pusat oleh oleh pandanaran dari arah simpang lima semarang. Kalo saya sendiri paling suka otak otak bandengnya.

4. Ting ting gepuk
Seperti yang lainnya ting-ting gepuk juga sebenarnya makanan khas yang berasal dari kota salatiga, sebuah kota kira-kira 2 jam perjalanan di selatan kota semarang. kuliner ini merupakan sejenis makanan yang terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk dan dibentuk menjadi kotak kecil-kecil. Rasanya manis dan renyah, sebenarnya kuliner unik ini merupakan camilan mirip kembang gula yang dibuat oleh warga keturunan cina di daerah salatiga. Untuk yang paling legend dan terkenal adalah ting-ting gepuk cap klenteng & 2 hoolo.

enting enting gepuk makanan khas salatiga cap klenteng dan 2 hoolo

5. Kue Moaci
Kue moaci atau orang semarang biasa menyebutnya dengan kue moci adalah juga salah satu makanan kreasi warga peranakan yang sudah lama menetap di kota semarang. Kue ini memiliki bentuk kecil dan bulat. Kue moaci terbuat dari dari tepung ketan, sedangkan isian bagian dalamnya terbuat dari kacang dan gula karamel sehingga terasa lembut di luar dan ada rasa gurih, renyah dan legit di dalamnya. Yang paling legend dan terkenal menjadi kuliner khas di kota semarang adalah Kue Moaci Gemini.


Itulah jajaran makanan yang menjadi oleh oleh kuliner khas kota semarang yang sudah lama terkenal dan melegenda, jangan lupa saat mampir di kota atlas ini anda mampir untuk mencicipinya.

Oleh oleh khas saat anda berwisata di kota semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: TII->

0 komentar: